Memahami Sebuah Pembelajaran Esai Dengan Online

Semua negara yang terkena dampak telah mencoba menerapkan kebijakan terbaik untuk melindungi kelangsungan layanan pendidikan. Indonesia juga menghadapi sejumlah tantangan serius yang perlu segera ditangani. Ketidaksetaraan teknologi antara sekolah di kota besar dan provinsi, kemampuan guru yang terbatas untuk menggunakan program pendidikan, sumber daya yang terbatas untuk teknologi pendidikan seperti Internet dan kuota, hubungan guru-murid dan orang tua-murid belum terjalin.

Teknologi Informasi Lembaga Pendidikan

Memahami Sebuah Pembelajaran Esai Dengan Online

Implementasi kebijakan pembelajaran jarak jauh, dan berdasarkan implementasi pembelajaran melalui teknologi informasi secara tidak terduga, seringkali terjadi kepanikan antara guru dan siswa, termasuk orang tua bahkan setiap rumah. Kajian teknologi informasi sebenarnya telah diterapkan dalam sistem pendidikan di Indonesia beberapa tahun terakhir ini. Namun, pembelajaran online yang menjadi kejutan setelah penyebaran Covid-19 telah mengejutkan hampir setiap lini di lingkungan / kota, wilayah, pusat bahkan di seluruh dunia.

Kepala sekolah yang merupakan kepala lembaga pendidikan terendah harus segera mengambil keputusan sebagai tanggapan atas keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang memerintahkan sekolah untuk menyelenggarakan pendidikan di rumah. Guru kaget karena harus segera mengubah sistem, kurikulum dan pendidikan. Siswa tersandung saat ditugaskan ke beberapa lokasi saat belajar di rumah. Di sisi lain, orang tua merasa terbebani saat mempelajari pekerjaan dari pada hanya memikirkan keselamatan mereka dan mengerjakan masalah.

Peluang Program Pembelajaran Online

Sehingga tantangan ini menjadi fokus dunia pendidikan kita, yang sangat dibutuhkan untuk belajar secara online. Tentu saja tidak semua orang siap secara teknis. Selama ini e-learning dianggap hanya sebagai alat, bukan teori, dan gaya belajar. Faktanya, pembelajaran online bukanlah cara untuk menggantikan pembelajaran tatap muka dengan aplikasi digital, juga tidak membebani peserta didik dengan tugas yang dilakukan setiap hari. Pembelajaran langsung harus mendorong siswa untuk menciptakan akses ke sebanyak mungkin sumber pengetahuan, menciptakan lapangan kerja, mempertajam pemahaman, dan pada akhirnya mengubah siswa menjadi siswa selama sisa hidup mereka.

Dalam menghadapi tantangan ini, kita harus berani mengambil langkah untuk menjadikan pembelajaran online sebagai peluang untuk mengubah pendidikan kita. Ada beberapa langkah yang dapat diambil sebagai refleksi umum tentang bagaimana meningkatkan sistem pendidikan kita, terutama dalam hal pembelajaran online. Pertama, semua guru harus bisa belajar di luar, yang juga menggunakan teknologi. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan kemampuan guru di semua tingkatan untuk menggunakan program pembelajaran jarak jauh.

Proses Mengembangkan Metode Pengajaran

Jumlahnya sangat tinggi, dan sangat tidak mudah untuk memastikan hingga 3 juta guru di Indonesia dapat menggunakan teknologi ini. Tingkat minimal keterampilan mengajar TIK harus dicapai, termasuk kemampuan untuk mengembangkan serangkaian program (konferensi video) dan mengembangkan bahan ajar secara online. Level 2 adalah tim TIK yang sesuai untuk guru berdasarkan Kerangka Kerja UNESCO untuk Pengetahuan Pengajaran TIK. Level tertinggi adalah level 4, dimana guru dapat menjadi pembina bagi guru lainnya. Jika pengetahuan guru berada pada level 2, guru akan mampu mengembangkan metode pengajaran, kurikulum dan gaya belajar dengan gaya belajar digital atau online.

Pemerintah tidak sendiri, dan upayanya untuk bekerja sama dengan lebih banyak penyedia di Internet sangat sesuai dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Namun, departemen utama masalah kebijakan pembelajaran online harus diawasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Gaya belajar online harus menjadi bagian dari keseluruhan proses pembelajaran, meskipun hanya selesai. Masalahnya, guru telah beradaptasi dengan pembelajaran online. Pergerakan tiba-tiba dari sistem pembelajaran online telah mengejutkan sebagian besar guru. Ke depan perlu ada kebijakan perubahan sistemik untuk menerapkan pembelajaran online di setiap mata pelajaran. Guru harus memiliki pembelajaran berbasis teknologi yang dilaksanakan sesuai dengan kemampuan dan ketersediaan teknologi. Usulan kementerian untuk mendirikan situs pengajaran online Ruma Belajara patut mendapat dukungan, meski kasus Covid 19 dipertaruhkan, memaksa siswa dan guru untuk mengajar di rumah, namun perlu dukungan ISP Indonesia.

Spread the love

Related Posts